Faktanya, proyek NFT melibatkan berbagai aspek yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin. Mulai dari seni, pemrograman, pemasaran, penulisan, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang mungkin tidak memiliki semua keterampilan ini tanpa bantuan dari para desainer, penulis, atau illustrator.

Namun, bukan berarti memiliki tim yang berisikan para ahli di atas tanpa tantangan. Inilah mengapa penggunaan Artificial Intelligence (AI) sangat berharga dalam proyek NFT. Algoritma dari Artificial Intelligence dapat memahami preferensi desain Anda, dan yang lebih penting, menghasilkan hasil sesuai permintaan dengan cepat, dalam hitungan menit atau jam daripada berhari-hari atau berminggu-minggu.

Baca juga: AI NFT: Dampak Artificial Intelligence pada NFT

Sebagian orang mungkin memiliki kekhawatiran bahwa AI akan menggantikan pekerjaan penulis, seniman grafis, atau profesional kreatif lainnya. Namun, hal ini mirip dengan pertanyaan apakah Adobe Illustrator membunuh industri seni atau Photoshop membunuh industri fotografi. Kenyataannya, teknologi-teknologi ini tidak menghancurkan industri-industri tersebut, malah mereka membuka pintu bagi lebih banyak orang untuk menjadi kreatif.

AI bukanlah pengganti, melainkan teknologi yang menggerakkan berbagai teknologi yang dapat memperluas kemampuan seorang pencipta untuk menceritakan cerita yang lebih baik, menulis teks yang lebih baik, menciptakan seni yang lebih pribadi, dan banyak lagi. Semua ini sangat berguna untuk branding, pemasaran, penjualan, dan narasi proyek NFT Anda.

Berikut alasan mengapa menggunakan AI untuk proyek NFT:

1. Menyederhanakan Proses Pembuatan  Karya Seni

Sudah jadi kata kunci dari proyek NFT itu sendiri, bahwa semua dimulai dengan sebagai karya seni yang memiliki nilai yang tidak dapat dipertukarkan. Dalam konteks ini AI dapat membantu menyederhanakan proses kerja sama antara Anda dan seniman yang Anda libatkan dalam proyek. Alih-alih memberikan gagasan yang luas cakupannya kepada seniman, Anda dapat menggunakan generator seni AI untuk membuat konsep yang lebih solid, yang kemudian dapat diperbaiki oleh seniman.

Selain itu, karya seni yang dibuat menggunakan AI dapat memperkuat merek dan narasi proyek NFT Anda. Berikut adalah tiga generator seni AI yang berguna untuk proyek NFT Anda:

  • Scenario.gg

Bagi mereka yang beroperasi di ruang Web3, menciptakan proyek NFT seringkali melibatkan pembuatan kontrak pintar yang rumit. Namun, seringkali sulit untuk menemukan seniman yang dapat bekerja secara berkelanjutan seiring pertumbuhan proyek.

Jika Anda memiliki serangkaian karya seni NFT unik 1 dari 1, Anda dapat menggunakan Scenario.gg untuk menghasilkan koleksi seni generatif berdasarkan karya-karya tersebut. Dengan teknologi ini, Anda dapat memasukkan hingga 100 karya seni, dan mesin seni AI akan menciptakan koleksi seni yang unik dan beragam.

Meskipun harga untuk Scenario.gg mungkin belum tersedia saat ini, teknologi ini diharapkan akan dirilis pada pertengahan Februari.

  • Midjourney

Midjourney adalah teknologi yang memungkinkan Anda menghasilkan dan mengiterasi gambar berdasarkan instruksi teks yang Anda berikan. Untuk memulai, Anda hanya perlu masuk dengan ID Discord Anda dan bergabung dengan server Midjourney.

Dari sana, Anda dapat menggambarkan apa yang Anda inginkan dalam teks, seperti “gambar peri kecil dengan sayap yang mengendarai anak rubah melalui hutan pada malam hari dalam gaya Hayao Miyazaki.”

Anda akan menerima empat hasil gambar berdasarkan deskripsi Anda, dan dari empat pilihan tersebut, Anda dapat memilih yang paling Anda sukai. Berdasarkan pilihan Anda, Midjourney akan menghasilkan empat iterasi berikutnya untuk dipilih.

Anda dapat mencoba versi uji coba gratis Midjourney yang menyediakan 25 generasi. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur dan opsi, tersedia paket berbayar dengan harga mulai dari $10 per bulan.

  • Stable Diffusion

Stable Diffusion adalah teknologi yang menggunakan kombinasi gambar dan instruksi teks untuk menghasilkan seni yang unik. Anda dapat memulai dengan gambar contoh dan kemudian memperbaiki atau mengubahnya dengan teks deskriptif.

Misalnya, Anda dapat meminta teknologi ini untuk mencerahkan latar belakang gambar dalam iterasi berikutnya atau membuat perubahan lain sesuai keinginan Anda. Stable Diffusion juga menyediakan opsi paket berbayar yang dimulai dari $9 per bulan.

Baca juga: Top 10 Platform Generator  AI NFT, Sudah Siap untuk Coba?

2. Support Kebutuhan Marketing untuk Pembuatan Konten Teks 

Salah satu tantangan terbesar dalam mengelola proyek NFT adalah bagian memasarkannya, karena bagaimana menciptakan needs sekaligus desire untuk output NFT kita. Nah lewat teknologi AI, Anda bisa  menciptakan konten teks untuk artikel, podcast, posting media sosial, server Discord, buletin email, dan lainnya. 

Teknologi AI yang sedang populer untuk menghasilkan teks adalah ChatGPT. Lebih detail tentang ChatGPT sendiri sebagai berikut ini:

ChatGPT berbeda dari pengalaman AI konvensional karena ia beroperasi sebagai platform obrolan. Anda hanya perlu memasukkan permintaan atau pertanyaan, dan teknologi ini akan memberikan hasil yang dipersonalisasi. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin baik ChatGPT memahami gaya penulisan dan preferensi Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki podcast sebagai bagian dari proyek NFT Anda dan ingin membuat deskripsi episode podcast yang lebih panjang, Anda dapat memberi tahu ChatGPT tentang nama podcast, pembawa acara, topik yang dibahas, audiens target, dan detail lain yang relevan. Anda bahkan dapat meminta perubahan gaya penulisan, seperti dari pasif ke aktif atau dari orang ketiga ke orang kedua.

Jika Anda merasa perlu mempromosikan episode tertentu, ChatGPT dapat membantu Anda membuat posting untuk berbagai platform media sosial, semuanya berbeda dalam gaya dan pilihan kata-kata.

Jika Anda menggunakan ChatGPT untuk membuat buletin mingguan proyek Anda dan melihat konversi yang rendah pada tindakan panggilan, Anda dapat menggunakannya lagi untuk menghasilkan versi yang diperbarui tanpa perlu memulai dari awal setiap minggu. teknologi ini akan menggabungkan apa yang telah dipelajarinya dari buletin sebelumnya dengan informasi terbaru untuk memberikan teks yang lebih efektif.

ChatGPT memiliki beragam penggunaan lain, termasuk menulis teks untuk halaman arahan, menggabungkan referensi dari minat audiens target Anda, atau bahkan menghasilkan kode HTML untuk halaman web.

Meskipun ChatGPT mungkin tidak memberikan teks yang sempurna sejak awal, ia merupakan teknologi yang sangat berguna asalkan Anda bersedia belajar dan berinvestasi waktu untuk berkomunikasi dengannya agar memberikan hasil yang dioptimalkan. Dengan memulai sekarang, Anda dapat mengambil langkah awal yang signifikan dalam proyek NFT Anda.

Baca juga: Pro dan Kontra terkait Artificial Intelligence dalam Dunia NFT

Kira-kira itu 2 alasan utama mengapa harus mempertimbangkan untuk menggunakan AI untuk proyek NFT Anda. Lebih banyak pembahasan tentang Artificial Intelligence dan NFT bisa Anda temukan di sini!