Industri Hiburan Memanfaatkan NFT – Munculnya NFT sangat menggemparkan dunia, terlebih lagi NFT telah dimanfaatkan oleh semua jenis industri. Industri hiburan ikut serta dalam memanfaatkan NFT dengan menggabungkan kekuatan NFT dengan kekuatan pop culture.

Sebagai contoh nyata, serial populer, Stranger Things, merilis jalan cerita season keempat mereka dibarengi dengan meluncurkan koleksi NFT. 

Sebagai rumah produksinya, Netflix mengisyaratkan kerjasama dengan pengembang NFT (Non-Fungible Token) yakni Candy Digital. Ditengah antusiasme penggemar saat menonton season keempat, Netflix memanfaatkan momentum tersebut dengan memberikan kejutan dengan meluncurkan koleksi NFT para pemain Stranger Things. Salah satu koleksi tersebut menampilkan tokoh utamanya yaitu Eleven yang diperankan oleh Millie Bobby Brown.

Di sisi lain, industri hiburan dikejutkan dengan Coachella yang akan menjual tiket festival seumur hidup dalam bentuk NFT. Dikutip dari The Verge, sebanyak 10 unit koleksi Coachella Keys akan dijual dan memungkinkan pemiliknya memegang tiket seumur hidup untuk menikmati festival musik terbesar di Amerika Serikat tersebut. 

Baca juga: Lebih dari Engagement, Ini 6 Alasan Brand Membuat NFT!

Selain dua contoh cara industri hiburan memanfaatkan NFT di atas, sejumlah tren terus muncul mendominasi dunia hiburan. Beberapa adopsi NFT dalam industri hiburan yang kini berkembang antara lain:

1. NFT dalam Play to Earn Games

Play to Earn Games atau sering disingkat menjadi P2E games, menjadi salah satu cabang pengembangan NFT di  industri hiburan. Raksasa dalam sektor ini  yang populer dan sukses adalah GameFi, yang mana memanfaatkan teknologi blockchain dalam memberikan reward untuk para pemain. 

Jadi, para gamers yang bermain P2E games bisa mendapatkan hadiah dari quest atau tantangan games yang telah diselesaikan. Hadiah tersebut dapat ditukarkan dalam bentuk NFT ataupun uang tunai. 

Yang terbaru dari BeaRex juga ikut serta memanfaatkan model play-to-earn dengan menggabungkan model free-to-play yang mana memungkinkan pengguna dapat memilih untuk bermain secara gratis tanpa harus membeli NFT atau mereka harus membeli NFT jika ingin mendapatkan hadiah atas usaha mereka. 

Baca juga: 10 Brand Fashion dan Beauty yang Sudah Membuat NFT! Cek Keunikannya di sini!

2. NFT dalam Watch to Earn

Terobosan pemanfaatan NFT dalam industri hiburan yang satu ini cukup unik tapi bisa dikatakan tepat sasaran. Bagaimana tidak? Zaman sekarang, setiap kita ingin menonton suatu tayangan, sering kali muncul iklan, dan seringkali juga kita melewatkan iklan tersebut karena merasa terganggu. Namun, Brace yang merupakan browser berbasis blockchain memberi kesempatan bagi penggunannya untuk mendapatkan crypto jika mereka menonton iklan yang muncul. 

Selain itu, Coub.com yang merupakan platform video terdepan yang dibuat 10 tahun lalu yang virtal sebelum TikTok mengambil alih pasar. Coubs memanfaatkan teknologi Web-3 untuk memberikan penghargaan kepada orang-orang yang membuat dan menonton video pada platformnya. 

Dengan Coub NFT, pengguna dapat membuat klip sebagai NFT dan menjualnya. Pemegang NFT akan mendapatkan hadiah crypto setiap kali konten berinteraksi melalui tampilan, suka, komentar, atau repost. 

3. NFT jadi Akses Eksklusif 

Membahas lebih jauh dari proyek NFT Coachella, yang mana menggunakan NFT menjadikan NFT sebagai tiket festival seumur hidup. Selain itu, NFT ini akan menjadi tiket untuk merasakan pengalaman dunia virtual yang akan diluncurkan Coachella di masa mendatang. 

Koleksi NFT Coachella ini diberi nama “Coachella Keys Collection” yang terdiri dari 10 item. Bagi 10 pemilik NFT Coachella Keys ini mendapatkan keuntungan seumur hidup berupa akses festival Coachella setiap tahunnya. Selain itu, mereka dapat menonton festival Coachella di area khusus dan juga mendapatkan akses ke belakang panggung (backstage), transportasi golf cart, dan semua area VIP di dalam area festival.

Itu dia 3 cara industri hiburan memanfaatkan NFT, sangat menarik untuk dijadikan studi kasus. Meskipun demikian, perlu kita pahami jika NFT adalah proyek baru yang menarik namun kompleks, terutama bagi brand yang sudah memiliki digital environment, campaign, community hingga program customer loyalty yang sudah berjalan bertahun-tahun.

Baca juga: Memanfaatkan NFT untuk Program Membership Brand! 

Oleh karena itu, sebelum brand memutuskan untuk go to market dengan NFT sebagai gimmick marketing baru, merchandise atau touch point baru bagi customer, ada baiknya untuk set up the team untuk melakukan riset yang lebih mendalam. Terutama terkait pertanyaan, what next? 

Di Kolektibel, tim siap membantu brand untuk breakdown beberapa idea, penyusunan roadmap, hingga implementasi go to market untuk proyek NFT brand Anda. Hubungi Kolektibel team di sini! 

Baca juga: Kupas Tuntas! 4 Tips Memulai Proyek NFT untuk Brand