Fans basket Indonesia tentu tidak asing dengan nama pemain kelahiran Bangka Belitung yang satu ini, Abraham Damar Grahita. Selain baru-baru ini mendapatkan penghargaan IBL Awards Most Valuable Player (MVP) 2022, Abraham Damar Grahita juga salah satu dari line up timnas basket Indonesia yang memenangkan Sea Games di Hanoi, Vietnam pada Mei 2022 lalu. 

Prestasi Abraham Damar Grahita cemerlang baik di level liga profesional dan timnas Indonesia tentu tidak datang begitu saja. Pencetak sejarah bagi basket Indonesia ini tentu melakukan kerja keras dan konsisten. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang pemain basket berbakat asal Bangka Belitung ini!

Baca juga: Profil Pemain Timnas Basket SEA Games 31 Vietnam! 7 Orang Ada IBL NFT-nya Loh!

Karier Abraham Damar Grahita

Memiliki posisi sebagai Kapten Prawira Bandung, keberadaannya di tim hingga skuad Timnas basket Indonesia di Sea games Hanoi 2022 cukup menonjol. Membuat banyak orang penasaran dengan Abraham Damar Grahita. Lalu siapa sebenarnya Abraham Damar Grahita ini?

Tidak seperti atlet lainnya yang memiliki prestasi bergengsi pada awal kariernya sebagai pebasket. Pria kelahiran Pangkal Pinang, 8 Oktober 1995 ini hanya anak daerah biasa. Bakat basketnya sudah mengalir sejak remaja. Sayangnya, tinggal di daerah membuat kemampuannya berjalan lambat.

Atas dasar inilah akhirnya Abraham memutuskan ke Jakarta dan bergabung bersama Stadium Jakarta. Sebuah klub basket profesional di Jakarta. Mendapatkan beasiswa di Universitas Esa Unggul hingga Stadium bubar. 

Bubarnya Stadium tidak membuat Abraham menyerah begitu saja. Dia tetap di Jakarta dan bergabung di Aspac Jakarta. Hingga meraih prestasi pertamanya pada IBL tahun 2019. Kariernya terus melejit hingga menjadi tim yang membela Indonesia pada IBL tahun 2020.

Keberadaan Abraham di Aspac tidaklah lama. Karena pada tahun 2021 dia memutuskan untuk bergabung dengan Prawira Bandung hingga IBL tahun 2022 ini.

Meski sempat pindah beberapa kali, nyatanya Abraham masih membela tim nasional sejak tahun 2017. Prestasi gemilangnya dia tujukan saat Indonesia berhasil meraih medali perak pada Sea Games tahun 2017. Medali yang sama juga dia persembahkan untuk Indonesia pada laga SEABA Championship tahun 2017.

Tidak hanya dua laga bergengsi itu saja. Abraham juga mempersembahkan juara untuk Indonesia di dua kejuaraan dunia sekaligus. Pada Test Event Asian Games di tahun 2018 serta FIBA Asia Cup SEABA Pre-Qualifier 2021.

Atas prestasinya inilah Abraham Damar Grahita juga dilirik sebagai brand ambassador produk sepatu Ardiles dan memiliki sepatu diberi nama AD1.

Perjalanan karir yang penuh prestasi ini tentu diiringi dengan permainan basket Abraham Damar di lapangan yang selalu memukau dan penuh kejutan. Kini aksi-aksi pertandingan dari Abraham Damar di musim IBL 2021 dan 2022 nanti bisa Anda koleksi dan miliki dari bentuk IBL NFT. Anda bisa cek cuplikannya di bawah ini, Kolektor: 

Motivasi Bagi Pemuda Bangka

Sama seperti nama Susi Susanti dan Alan Budikusuma yang berhasil mengangkat nama badminton di kancah dunia. Abraham Damar juga mampu mengangkat nama Bangka Belitung di kancah nasional dan internasional.

Basket bukan lagi olahraga yang disepelekan. Bahkan olahraga ini sering disebut dan menjadi bahan pembicaraan di Bangka Belitung. Terutama di kalangan pemudanya. Mereka tidak takut lagi bermimpi menjadi pebasket tingkat dunia layaknya Abraham Damar Grahita.

Beberapa pebasket muda dari Bangka perlahan mengikuti jejaknya. Seperti Alexander Franklyn, Antoni Erga, dan Febrianus Gregorya Khiandio. Ketiganya mantap menapaki jalan yang sama seperti Abraham, yaitu berlaga di kancah IBL.

Meski lama tinggal di Jakarta dan menjadi pebasket kelas internasional, nyatanya Abraham tidak pernah lupa dengan kampung halamannya. Terlihat pada beberapa postingan media sosialnya, Abraham selalu menyisipkan hashtag just a kid from Bangka.

Penerima IBL Awards – MVP 2022

Awal periode babak Playoffs IBL tahun 2022, Abraham Damar menerima penghargaan sebagai Most Valuable Player 2022. Shooting guard dari Prawira Bandung ini menang atas empat kandidat yang tak kalah berprestasi lainnya, yaitu Kaleb Ramot Gemilang (Dewa United Surabaya), Andakara Prastawa Dhyaksa (Pelita Jaya Bakrie), Widyanta Putra Teja (West Bandits Combiphar) dan Arki Dikania Wisnu (Satria Muda Pertamina).

Kemenangan Abraham Damar Grahita diraih setelah mendapatkan total 187 poin yang diterima via voting yang dilakukan oleh pelatih klub IBL musim 2022 dan perwakilan 10 media nasional, yakni Liputan6.com, CNN TV, Pikiran Rakyat, Kompas Cetak, Skor, Detik, Antara, Republika, Halo Basket dan Main Basket. 

Secara statistik, Abraham Damar Grahita berkontribusi dalam mencetak 14,4 ppg, 4,4 rpg, 3,0 apg, dan 1,3 spg. Performa ini  membuat Abraham mencetak efisiensi tertinggi dari semua kandidat MVP, dengan catatan 348. Selain mendapatkan nominasi sebagai Most Valuable Player of the Year, Bram panggilan dekat Abraham Damar Grahita juga dinominasikan sebagai Defensive Player of the Year 2022. 

Faktanya, penghargaan MVP ini bukan yang pertama kali untuk Abraham Damar Grahita. Penghargaan yang sama juga pernah ia dapatkan di tahun 2020 saat membela Indonesia Patriots. 

Tetap Berjuang di Timnas

Abraham Damar Grahita memang telah membuktikan kemampuannya. Baik di liga profesional maupun di level timnas. Dengan meraih medali emas pada Sea Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Namun bukan berarti prestasi itu melenakan bagi Bram. Pencapaian ini bukan yang terakhir. 

Abraham Damar juga jadi salah satu pemain timnas basket Indonesia untuk FIBA Asia Cup dan menorehkan prestasi cemerlang saat pertandingan Indonesia vs Arab Saudi. Indonesia berhasil menang telak dan kontribusi Abraham Damar cukup signifikan. Dirinya tampil sebagai pencetak poin nomor 2 terbanyak setelah Marques Bolden, yakni 13 angka dari 29 menit penampilannya di lapangan.

Abraham Damar Grahita di IBL NFT

Fans Abraham Damar Grahita boleh bersuka cita! Karena aksi-aksi pertandingan keren dari Abraham Damar selama di Indonesia Basketball League kini bisa Anda koleksi. Bukan sembarang video pertandingan, tetapi video pertandingan yang sudah di NFT-kan atau disebut IBL NFT

Adapun beberapa aksi lapangan yang bisa Anda koleksi bisa di cek di bawah ini:

NoAksi di LapanganLevel Rarity & PacksLink Belanja
1Lay UpCommon & Early Adopter Set PackKlik di sini!
23 PointCommon & Basic Set PackKlik di sini!
3AssistCommon & Prawira Bandung 2022 PackKlik di sini!
4Jump ShotRare & IBL ALL STAR 2022 PackKlik di sini!

Baca juga: Apa itu IBL NFT? Berikut 7 Fakta NFT Sports Pertama di Indonesia!

Demikian ulasan terkait profil dan prestasi Abraham Damar Grahita, MVP IBL 2022 Sekaligus Gold Medalist Sea Games 2021. Kita nantikan prestasi gemilang lainnya dari Abraham Damar Grahita ya, Kolektor!

Temukan juga profil dan IBL NFT dari pemain basket favorit Anda lainnya di sini!